Manfaat Kesehatan Psikologi Dan Sosial Yang Dirasakan Dari kegiatan Rekreasi Study Tour Dari Perspektif Siswa, Orang Tua Dan Guru Di Sekolah Menengah Pertama Swasta X Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol5.Iss3.341Kata Kunci:
Study Tour, Pschycology Health, Sosial HealthAbstrak
Rekreasi memberikan manfaat kesehatan psikologi dan social. Rekreasi study tour yang dilaksanakan di SMP Swasta X bertujuan menambah wawasan kebudayaan, social dan adat istiadat.SMP Swasta X menerapkan system sekolah full day. Lamanya waktu belajar menyebabkan siswa mengalami kejenuhan. Tujuan penelitian ini yaitu diketahuinya perbedaan manfaat kesehatan social yang dirasakan pada kegiatan rekreasi study tour dari perspektif siswa, orang tua dan guru. Variabel dependen adalah kesehatan psikologi dan social serta variable independen adalah perspektif siswa, orang tua dan guru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan September 2018. Sampel penelitian ini adalah 63 orang dengan teknik purposive sampling. Analisa data yaitu univariat dan bivariat (one way anova). Hasil penelitian yaitu hasil univariat didapatkan jumlah responden kategori rendah sebanyak 32 orang dan kategori tinggi 31 orang. Hasil uji one way anova didapatkan p value>0,05 yaitu 0,536 dan 0,568>0,05. Kesimpulan penelitian yaitu tidak ada perbedaan penilaian antara siswa, orang tua dan siswa tetapi terdapat masih rendahnya manfaat kesehatan psikologi dan social yang dirasakan oleh siswa, orang tua dan guru. Disarankan bagi guru memasukkan kegiatan outbound dan game dalam rekreasi study tour, membebaskan siswa berkegiatan ketika study tour namun tetap diawasi dari jauh, menyesuaikan tempat rekreasi dengan minat siswa, bagi Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan berkolaborasi untuk mensosialisasikan pentingnya kegiatan rekreasi outdoor kepada masyarakat
Unduhan
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium