analisis Analisis Manajemen Pelayanan Instalasi Gizi di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2019
Analisis Manajemen Pelayanan Instalasi Gizi di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol5.Iss3.460Kata Kunci:
Gizi, Manajemen, Rumah SakitAbstrak
Pelayanan gizi Rumah Sakit sangat penting dan sebagai salah satu penentu kualitas pelayanan. Di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau, menggambarkan adanya kekurangan SDM sehingga banyak petugas melakukan double job dan masih kurangnya sarana dan prasarana seperti pemanas air suplly air ke ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Pelayanan Instalasi Gizi Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan kuesioner. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik analisa kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan validitas data berupa triangulasi. Informan pada penelitian ini adalah Petugas gizi, Ahli gizi, Kepala Instalasi Gizi, Kepala Subbidang Monitoring dan Evaluasi dan pasien yang berjumlah 2 orang. Untuk penelitian kuantitatif dengan sample 100 orang pasien rawat inap. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tema-tema yang muncul sebagai temuan penelitian ini. Adapun tema-tema tersebut adalah masih kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya pengetahuan tentang tufoksi masing-masing, ketersediaan sarana dan prasarana masih kurang seperti pemanas air yang rusak, ruang kurang nyaman dan supply air yang tidak lancar dan pelaksanaan SOP yang belum optimal berupa penyajian makanan tidak tepat waktu, pengantaran bahan makanan tidak tepat waktu. Perlu adanya peningkatan pengelolaan Instalasi Gizi di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau sesuai dengan standar yang ditetapkan. Seperti melakukan rekrutmen untuk SDM yang masih kurang, melengkapi sarana dan prasarana yang rusak seperti pemanas air, memperbaiki suplly air yang masih kurang, melakukan pelayanan sesuai SOP seperti pengantaran makanan kepada pasien tepat waktu
Unduhan
Referensi
Almatsier S., (2005). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Almatsier, S., (2007). Penuntun Diet. Jakarta: PT Gramedia Utama
Almatsier S., (2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Arhami, Syafar. (2012). Studi Manajemen Pelayanan Gizi Pasien di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Pangkep Tahun 2012. Tesis Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Kesehatan RI, (2008), Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008, tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI: 2009
Departemen Kesehatan RI, (2013), Buku pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, Dirjen Pelayanan Medik, Direktorat Rumah Sakit khusus dan Swasta, Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. (1991). Pedoman Teknis Penyediaan, Pengolahan dan Penyaluran Makanan Rumah Sakit, Jakarta: Depkes RI.
Hartiningsih, Desi. (2015). Hubungan Cita Rasa, Besar Porsi Dan Waktu Pemberian Makan Terhadap Sisa Makanan Lunak Pasien Kelas 3 Di Rsud Berkah Kabupaten Pandeglang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Esa Unggul.
Hasibuan, Malayu S.P., (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.
Ilyas. Yaslis, (2004). Perencanaan SDM Rumah Sakit: Teori, Metoda dan Formula, Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Jufri, Jusniati. (2012). Manajemen Pengelolaan Makanan di Rumah Sakit Umum Lanto DG Pasewang Kabupaten Jeneponto. Makasar: Jurnal
Jusniati Jufri, dkk. (2012). Manajemen Pengelolaan Makanan Di Rumah Sakit Umum Lanto Dg. Pasewang Kabupaten Jeneponto. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin.
Martha E, Kresno S. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan/Evi Martha, Sudarti Kresno.
Manullang. (2004). Dasar- Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Manullang. (2009). Dasar- Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Muliawardani, (2016), Analisis Manajemen Pelayanan Gizi Di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 10, No 01.
Nafiah, U. (2011). Hubungan Persepsi Pasien tentang Penyajian Makanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Notoatmodjo Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Pemerintah Indonesia. (2018). Undang-Undang No 04 Tahun 2018 Yang Mengatur Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien. Lembaran Negara RI Tahun 2018, No. 416. Sekretariat Negara. Jakarta
Prastuti, T. (2014). Analisis Manajemen dalam Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Makasar: Universitas Hasanuddin
Profil Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Tahun 2018. Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. 2018
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Sabarguna, B. S. (2011). Studi Kelayakan Pembangunan Rumah Sakit. Penerbit Salemba Medika, Jakarta.
Safitri Ulfa. (2017). Analisis dilakukan analisis terhadap pengelolaan makanan pasien di Instalasi Gizi Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau Pekanbaru. Ilmu Kesehatan Masyarakat. STIKes Hangtuah Pekanbaru.
Trisnantoro, L., (2005), Manajemen Rumah Sakit, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Zulfianasari dan Zaenal. (2015). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Persediaan Bahan Makanan pada Instalasi Gizi RS Permata Medika kota Semarang tahun 2015. Semarang.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium