Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Bangkinang
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol10.Iss3.1349Kata Kunci:
Bangkinang HospitalAbstrak
Kepuasan pasien rawat inap di RSUD Bangkinang tahun 2021 adalah 76%. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit. Penelitian dilakukan di wilayah kerja RSUD Bangkinang pada Agustus 2022 dengan jumlah sampel 96, pengambilan data dalam penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat dan multivariate. Berdasarkan analisis bivariat didap atkan variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah empathy (p = 0.011), responsivenes (p=0.009), reliability (p=0.014) dan pengalaman pasien (p=0.007). Variabel yang tidak berpengaruh adalah assurance (p=0.238) dan tangible (p=0.073). Analisis multivariat didapatkan dua variabel confounding yaitu assurance dan tangible. Variabel yang dominan berpengaruh adalah pengalaman pasien dengan nilai POR 7.495. Untuk itu perlu bagi rumah sakit melengkapi fasilitas di ruang rawat inap terutama bel pemanggil, memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi petugas, pelatihan ESQ, serta menyediakan link, akun sosial media ataupun google form agar dapat merespon keluhan pasien dengan cepat dan efekif.
Unduhan
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kesehatan Komunitas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium